JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
(Reading time: 1 minute)

Arang aktif merupakan salah satu teknologi untuk mengurangi resiko pencemaran lingkungan pertanian. Selain itu arang aktif dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pupuk nitrogen sebagai pelapis pupuk N seperti urea. Tanaman pertanian umumnya hanya memanfaatkan 30-40% pupuk N yang diberikan dan sebagian besar hilang melalui proses volatilisasi ammonia, denitrifikasi, perlindian, dan limpasan permukaan.

Arang aktif yang berasal dari limbah pertanian  digunakan untuk melapisi pupuk urea, sehingga pupuk urea tidak mudah menguap, tidak mudah meleleh bilamana kepanasan, tidak lengket bila dipegang, dan bersifat lambat urai bila diaplikasikan ke dalam tanah pertanian. Pupuk urea yang telah dilapisi arang aktif memiliki kadar air ± 10%.

Teknologi ini telah dipatenkan dengan nomor paten P00200900630 dan P00201000708 dan mendapat lisensi dari PT Nutrimas Agro Indonesia dengan perjanjian lisensi nomor perjanjian 493.1/OT.220/1.8.4/11/2012 (Balingtan) dan 19/PKS/NAI-BLGT/XI/2012 (PT Nutrimas Agro Indonesia). Beberapa instansi pemerintah terutama lingkup Badan Litbang Pertanian telah mengadopsi dan mengembangkannya untuk perbaikan pengelolaan pupuk N di lahan pertanian spesifik lokasi.

Info lengkap produk : Balai Penelitian Lingkungan Pertanian