JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Produk

Agrofit

(Reading time: 1 minute)

Merupakan pupuk hayati yang mengandung konsorsia bakteri dan fungi endofitik penambat N2, pelarut P, dan penghasil fitohormon Azotobacter sp., Azospirillum sp., Bacillus sp., dan Candida tropicalis. Agrofit mampu meningkatkan efisiensi pupuk NPK sebanyak 25-50% serta meningkatkan produksi jagung dan bawang merah  24-35%.

Info lengkap hubungi: Balai Penelitian Tanah

Peta Zona Agro Ekologi Skala 1:250.000

(Reading time: 1 minute)

Atlas Zona Agro Ekologi Indonesia skala 1:250.000 adalah hasil integrasi antara data dan informasi sumberdaya lahan dengan persyaratan tumbuh tanamana. Setiap tanaman memerlukan kondisi lingkungan yang spesifik untuk tumbuh baik dan berpoduksi tinggi. Peta AEZ skala 1:250.000 ini menyajikan wilayah yang potensial untuk pengembangan pertanian serta alternatif komoditas pertaniannya. Atlas Zona Agro Ekologi ini merupakan hasil perpaduan dan pemutakhiran (update) dari peta-peta yang pernah dibuat oleh BPTP seluruh Indonesia.

Info lengkap hubungi: Pelayanan Jasa

Peta Status Hara P dan K Lahan Sawah Skala Tinjau (1:250.000)

(Reading time: 1 minute)

Peta tersebut telah dijadikan acuan dalam penentuan alokasi kebutuhan pupuk di tingkat provinsi dan nasional, dengan membagi status P tanah menjadi tiga kelas yakni: rendah, sedang, dan tinggi. Masing-masing berkadar P2O5 terekstrak HCl 25% yaitu tanah berstatus P rendah: <20 mg P2O5/100g, P sedang:  20-40 mg P2O5/100g, dan P tinggi: >40 mg P2O5/100g. Peta ini juga membedakan status K tanah menjadi tiga kelompok berdasarkan kadar K2O terekstrak HCl 25%, yaitu tanah berstatus K rendah <10 mg K2O/100g, K sedang 10-20 mg K2O/100g, dan K tinggi > 20 mg K2O/100g. 

Info lengkap hubungi: Pelayanan Jasa

Peta Zona Agro Ekologi Skala 1:50.000

(Reading time: 1 minute)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah melaksanakan kegiatan penyusunan Peta Zona Agro Ekologi (ZAE) Semi Detail skala 1:50.000 berbasis kabupaten di Indonesia. Informasi dari peta sumberdaya tanah ini dapat dimanfaatkan sebagai data dasar untuk perencanaan operasional pengembangan pertanian pada tingkat kabupaten melalui pembuatan peta tematik turunannya sesuai kebutuhan. Selain itu, peta tersebut dapat digunakan sebagai screening awal untuk pemilihan areal-areal potensial yang dapat dikembangkan lebih lanjut pada skala pemetaan yang lebih detail untuk mendukung perencanaan pengembangan pertanian di tingkat kecamatan.

Info lengkap hubungi: Pelayanan Jasa

Peta Tanah Skala Tinjau (1:250.000)

(Reading time: 1 minute)

Penerbitan Peta Sumberdaya Tanah Tingkat Tinjau (skala 1:250.000) dimaksudkan untuk menyediakan data dan informasi spasial sumberdaya tanah yang dapat dimanfaatkan oleh para pemegang kepentingan, khususnya pemerintah daerah provinsi setempat dan dunia usaha. Informasi dari peta sumberdaya tanah ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk perencanaan pengembangan pertanian pada tingkat provinsi atau regional. Selain itu, peta tersebut dapat digunakan sebagai screening awal untuk pemilihan areal-areal potensial yang dapat dikembangkan lebih lanjut pada skala pemetaan yang lebih detail untuk mendukung perencanaan pengembangan pertanian di tingkat kabupaten atau kecamatan.

Info lengkap hubungi: Pelayanan Jasa