Bertempat di Kantor Wali Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung (12/03), Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk Peningkatan Kapasitas Petani. Bimtek yang dibuka secara langsung oleh Camat Koto VII tersebut diikuti oleh 94 peserta dan dihadiri perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari Limo Koto, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Koto VII, dan Ketua Badan Perwakilan Nagari Limo Koto.

 

Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka hilirisasi dan mendapatkan umpan balik atas inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. Bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Erna Suryani, M.Si, Peneliti Ahli Madya dari BBSDLP. Pada kesempatan tersebut, narasumber memperkenalkan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) dan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) kepada petani dan dilanjutkan dengan praktik Cara Penggunaan PUTS dan PUTK. Selain itu, narasumber juga melakukan sosialisasi Program dan Konsep Spasialisasi Database Petani (e-RDKK) yang merupakan salah satu program nasional dalam pembenahan database petani. 

 

"Bimtek ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kabupaten Sinjunjung, Kami sangat berterima kasih kepada BBSDLP Balitbangtan yang telah mengadakan kegiatan ini. Ke depan kami sangat berharap agar dapat terus dilakukan Bimtek lainnya" ujar Arwilson, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kab. Sijunjung. Petani peserta Bimtek sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek tersebut dan saat sesi diskusi, mereka aktif mengajukan berbagai pertanyaan.

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id