BBSDLP bekerjasama BPTP Lampung dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Milenial di Kampus Itera (18/3). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala BBSDLP (Dr. Husnain, MP., M.Sc), Rektor ITERA (Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D), Walikota Bandar Lampung (Hj. Eva Dwiana, SE., M.Si.), Kepala BPTP Lampung (Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si), Kepala Balitklimat (Dr. Arivin Rivaie, M.Sc), dan Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung. 

Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Bandar Lampung tersebut diikuti oleh 50 orang petani milenial dan penyuluh di sekitar Bandar Lampung. Eva Dwiana menyatakan bahwa Kota Bandar Lampung sangat siap untuk memajukan pertanian dan bekerja sama dengan ITERA dan Kementerian Pertanian (BBSDLP). “Bilapun dibutuhkan, kami siap membantu dan memfasilitasi agar milenial perempuan (remaja putri) terjun di dunia pertanian,” ujar Eva. Lebih lanjut Eva menambahkan bahwa kegiatan Bimtek ini sangat perlu diadakan saat Pandemi Covid-19 ini karena dapat menjadi stimulus dari sektor pertanian untuk perekonomian Kota Bandar Lampung.

 

Kepala BBSDLP Dr. Husnain, M.Sc dalam sambutannya mengungkapkan tujuan Bimtek pada kegiatan ini sebagai sarana untuk mendiseminasikan produk, inovasi dan update terbaru mengenai pertanian terutama yang berkaitan dengan sumberdaya lahan pertanian. “Kami akan menyampaikan produk inovasi pertanian dan riset yang sedang kami lakukan dan kembangkan serta potensi kerja sama dengan ITERA, apa yang dibutuhkan oleh ITERA,” kata Husnain.

Sementara itu Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D menyatakan keinginannya dengan Bimtek tersebut agar para akademisi ITERA mampu menelurkan inovasi dan teknologi pertanian yang seiring dengan industri 4.0. Petani milenial sudah bisa memanfaatkan teknologi yang tersedia misalnya citra satelit dan Internet of Thing (IoT) untuk mengelola lahannya. Rektor ITRERA sangat berharap Kementerian Pertanian dapat membantu dalam pengembangan kebun raya ITERA.

Peserta Bimtek yang terdiri atas petani, penyuluh, dan akademisi ITERA yang hadir menyimak materi dari lima narasumber yang merupakan peneliti dari lingkup BBSDLP yang sangat kompeten di bidangnya. Materi yang disampaikan mulai dari teknologi dan rekomendasi pengelolaan lahan hingga pemanfatan advanced teknologi untuk pertanian. Dr. Neneng L. Nurida (Balittanah) menyampaikan teknologi pengelolaan lahan masam; Dr. Arivin Rivaie (Balitklimat) dengan materi smart irrigation dengan Automatic Controller; Selly Salma, M.Si (Balittanah) menyampaikan teknologi pupuk berbasis mikroba; Dr. M. Hikmat (BBSDLP) terkait peta rekomendasi pengelolaan lahan; serta Dr. Adha F. Siregar dengan materinya tentang Digital Soil Sensing Kit. (NC/LQ)

 

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id