IMG 20210428 WA0018TULUNGAGUNG – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Badan Litbang Pertanian kembali menyelenggaraakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Milenial kali ini diselenggarakan di Kabupaten Tulungagung, Rabu (28/4). Bertempat di Ruang Rapat Agri Cultura, Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, Kegiatan Bimtek tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian (Kadispertan) Kabupaten Tulungagung Ir. Suprapti, M.Agr, Anggota Komisi IV DPR-RI Ir. Endro Hermono, MBA, Narasumber Bimtek yaitu Koordinator Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) BBSDLP Dr. Asmarhansyah dan Peneliti Senior BPTP Jawa Timur Ir. Handoko, M.Sc, 50 Petani, dan 10 Penyuluh Pertanian dari 19 kecamatan di Kabupaten Tulungagung.

Koordinator KSPHP BBSDLP, Dr. Asmarhansyah, dalam sambutannya mewakili Kepala BBSDLP menyampaikan bahwa BBSDLP telah banyak menghasilkan inovasi teknologi seperti peta, rekomendasi teknologi, perangkat uji, sistem informasi, dan lainnya. “Bila inovasi teknologi tersebut hanya tersimpan di BBSDLP, tidak akan memberikan banyak nilai guna. Oleh karena itu, inovasi teknologi tersebut perlu didiseminasikan, salah satunya melalui Bimtek pada hari ini. Harapannya, ada feedback dari para pengguna, sehingga inovasi teknologi tersebut dapat disempurnakan lagi,” kata Asmarhansyah. Bimtek ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi teknologi kepada masyarakat terutama petani.

IMG 20210428 WA0012Kadispertan Tulungagung, Ir. Suprapti, M.Agr, menyiratkan kebahagiaannya dengan kedatangan Tim BBSDLP ke Tulungagung. Pasalnya, saat ini Kabupaten Tulungagung menghadapi tiga kendala di bidang pertanian yaitu masalah pemupukan, meluasnya organisme pengganggu tanaman (OPT) serta menurunnya jumlah tenaga kerja yang mengelola pertanian. “Petani di sini sangat suka menggunakan pupuk kimia terutama urea, jadi penggunaan pupuk organik harus terus digaungkan. Semoga Bimtek ini dapat memberikan solusi atas permasalahan pertanian kami di Tulungagung,” ujar Suprapti. Hilirisasi teknologi melalui Bimtek ini dirasakan akan sangat bermanfaat untuk petani dan penyuluh di Kabupaten Tulungagung.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Ir. Endro Hermono, MBA mengungkapkan dukungannya terhadap penyelenggaran acara Bimtek ini. Endro mengatakan bahwa generasi milenial dicirikan dengan kemampuan memanfaatkan teknologi dan teknologi tersebut diyakini dapat digunakan untuk memajukan Kabupaten Tulungagung, melalui sektor pertanian. “Bimtek ini sangat tepat sebagai kolaborasi ilmu (Litbang) dengan petani. Petani itu kadang salah dalam mengambil kesimpulan atas informasi atau teknologi, dan hilirisasi teknologi melalui Bimtek ini diharapkan dapat membimbing petani agar dapat menarik kesimpulan yang benar dalam berusahatani,“ ujar Endro.

Narasumber Bimtek, Dr. Asmarhansyah, yang menyampaikan materi tentang Pemupukan Berimbang sempat memberikan penjelasan terkait rekomendasi pemupukan NPK tanaman padi untuk Kabupaten Tulungagung yang dapat diakses pada website BBSDLP di https://bbsdlp.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/rekomendasi-pupuk. Selanjutnya, Ir. Handoko, M.Sc. menguraikan tentang Penanggulangan OPT, terutama hama tikus pada pertanaman padi secara efektif dan efisien. (NC/AS/LQ)

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id